Universitas Muhammadiyah Riau

Universitas Muhammadiyah Riau atau yang lebih familiar dengan sebutan UMRI merupakan Universitas yang terletak di ibu kota Provinsi Riau yakni Kota Pe

Editor: Aan Ramdani
Isimewa
Gedung Kampus Universitas Muhammadiyah Riau yang terletak di Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Foto: umri.ac.id 

Universitas Muhammadiyah Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Universitas Muhammadiyah Riau atau yang lebih familiar dengan sebutan UMRI merupakan Universitas yang terletak di ibu kota Provinsi Riau yakni Kota Pekanbaru.

Lahirnya Universita Muhammadiyah Riau ini tidak lepas dari komitmenya untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang 1945. Dengan kesadaran dan komitmen yang dalam Persyarikatan Muhammadiyah Wilayah Riau mendirikan Akademi Teknologi Otomotif (ATOM) 23 Juli 1993.

Kemudian didirikan pula Akademi Perawatan (AKPER) Muhammadiyah pada 17 Juli 1994. Selanjutnya didirian pula Akademi Keuangan dan perbankan Muhammadiyah (AKPM) 5 November 1998 , dimana ketiganya berkedudukan di jalan KH. Ahmad Dahlan No. 88 Sukajadi, Pekanbaru.

Kala itu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau terus berupaya melakukan peningkatan amal usaha pendidikannya yang tak lain sebagai salah satu pilar dakwah amar ma’ruf nahi mungkar melalui penyelenggaraan pendidikan, khususnya di Provinsi Riau. Tentu saja sangat berkeinginan dari Akademi yang sudah terbentuk tersebut untuk menjadi sebuah Universitas.

Keinginan dan cita-cita tersebut akhirnya terwujud, tepat pada tanggal 5 Juni 2008, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) berdiri berdasarkan SK Mendiknas RI No. 94/D/O/2008 yang merupakan universitas Muhammadiyah ke-39 di Indonesia. Sejak awal berdirinya, UMRI memiliki 5 fakultas yaitu: Fakultas Teknik Fakultas Ekonomi Fakultas Matematika Ilmu Pengatahuan Alam dan Kesehatan Fakultas Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komunikasi.

Baca juga: Universitas Lancang Kuning

Baca juga: Rattan Handmade, Tempat Kerajinan Rotan Unik di Pekanbaru

Baca juga: Kisah Anggota Dewan Riau Dagang Bakso Tak Laku, Sugeng Pranoto

Visi dan Misi

Azas UMRI berasaskan Al-Quran, As-Sunnah, Pancasila dan Undang-Undangan Dasar 1945.

Tujuan Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, bermarwah dan bermartabat yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional serta beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang di ridhai Allah SWT.

Mengamalkan, mengembangkan, menciptakan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Visi Menjadikan Universitas Muhammadiyah Riau sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan sumber daya manusia yang menguasai IPTEKS dengan landasan IMTAQ tahun 2030.

Misi Mewujudkan keunggulan bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Menguasai dan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang dilandasi etika, nilai dan moral Islami. Menciptakan iklim kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya budaya mutu, pengembangan IPTEK dan implementasi iman dan taqwa.

Baca juga: Fanji Giovani, Polisi Riau Yang Sukses Jadi Gamer

Baca juga: Riri Sulaiman, Aktif Jalankan Beberapa Usaha

Baca juga: Habib Ramadhan Kenalkan Adat dan Budaya Kampar Riau Lewat Youtube

Gedung Universitas Muhammadiyah Riau yang terletak di Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau
Gedung Universitas Muhammadiyah Riau yang terletak di Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau (Isimewa)

Baca juga: Cerita Pengusaha Cantik di Riau Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Baca juga: Desi Wahyuni, Berhasil Jalani Usaha Apotek di Pekanbaru

Baca juga: Mobil 1978 Peugeot tipe 504 dengan Rocket Bunny

Technopreneur

Universitas Muhammadiyah Riau selalu menjunjung tinggi semangat Technopreneurship yang digalakkan disetiap kesempatan kepada seluruh jajaran staff juga mahasiswa/i.

Kalimat technopreneur sendiri merupakan gabungan dari kata Technology dan Entrepreneur yang Merupakan bukti bahwa Universitas Muhammadiyah Riau selalu mengikuti perkembangan zaman dari segala aspek.

Semangat ini diaplikasikan tidak hanya di bidang kualitas pendidikan, namun juga turut dilaksanakan di bidang manajemen dan pengembangan sekaligus menurunkan semangat ini kepada setiap mahasiswa dan mahasisiwi. Universitas Muhammadiyah Riau kini merupakan salah satu universitas swasta di Pekanbaru yang lebih dulu menggunakan teknologi dalam proses ajar mengajar di kelas, publikasi dan dokumentasi, hingga manajemen data siswa dan universitas.

Semua ini menunjukkan bahwa Universitas Muhammadiyah Riau sanggup untuk menjadi universitas yang berkualitas, bermutu, dan mengikuti perkembangan zaman, juga selalu berinovasi dalam memajukan pendidikan masyarakat Indonesia khususnya Pekanbaru – Riau

Preneur Ini adalah semangat yang membedakan Universitas Muhammadiyah dengan universitas dan perguruan tinggi lain yang ada di Pekanbaru. Universitas Muhammadiyah Riau selalu percaya, bahwa mahasiswa dan mahasisiwi bukan dididik hanya untuk menjadi yang terbaik di bidang akademis, tapi juga menjadi yang terdepan dibidang Entrepreneur.

Lulusan UMRI dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam dunia bisnis selepas mengenyam pendidikan di fakultas dan jurusan yang mereka minati.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved