Riri Sulaiman, Aktif Jalankan Beberapa Usaha

Riri Sulaiman seorang ibu rumah tangga di Pekanbaru yang sukses jalani beberapa usaha

Editor: Aan Ramdani
Isimewa
Riri Sulaiman 

Riri Sulaiman,  Aktif Jalankan Beberapa Usaha

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Riri Sulaiman, merupakan perempuan yang harus meninggalkan karirnya disalah satu perusahaan manufaktur di Batam beberapa waktu silam.

Langkah ini Riri Sulaiman ambil supaya ia bisa lebih fokus mencurahkan kasih sayangnya kepada sang buah hati. Kala itu Riri Sulaiman sadar betul pentingnya perhatian dan kasih sayang orangtua bagi anak.

Kecitaan terhadap anak pula yang memotivasi Riri Sulaiman mendirikan sebuah sekolah yang diberi nama Starkids Islamic Flexischool Pekanbaru.

Riri Sulaiman sadar betul anak merupakan titipan paling berharga, sehingga keputusan mengakhiri karir disebuah perusahaan yang mengingat merupakan pilihan tepat.

Sebelum itu, kedua anaknya sempat dijaga oleh orang lain, mengingat sumai Riri Sulaiman dan suami sama-sama bekerja.

Baca juga: Desi Wahyuni, Berhasil Jalani Usaha Apotek di Pekanbaru

Baca juga: Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

Baca juga: Fanji Giovani, Polisi Riau Yang Sukses Jadi Gamer

"Kita tahu kerja di perusahaan manufaktur itu, pergi sebelum matahari terbit, pulang setelah matahari terbenam," kata Riri Sulaiman, kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (13/10/2020).

Riri Sulaiman dan keluarganya pun pindah ke Pekanbaru dan membuka usaha Network Event Organizer (EO). Waktu tidak terikat dan saat anak lebih banyak. "Event kan biasa sabtu minggu. Jadi sekalian bisa bawa anak sambil weekend," ujarnya.

Sembari menjalankan bisnis EO, Riri Sulaiman mendalami ilmu parenting. Ia belajar langsung dari pakar dan pakar-pakar parenting nasional, hadiri seminar pakar dan bergabung dengan komunitas bentukan para pakar.

Ibu tiga anak ini kian menyadari bahwa ilmu parenting amatlah penting. Menurut Riri Sulaiman, bahwa orangtua mesti berpengetahuan cara mendidik anak dengan baik dan benar.

"Sekolah parenting itu nggak ada. Jadi orangtua harus belajar tentang orangtua yang sebenarnya seperti apa," ujar Riri Sulaiman. Menurut dia, ilmu orangtua dalam mendidik anak biasanya karena naluri dan pelajaran yang didapat dari orangtua mereka.

Menurut Riri Sulaiman di dalam ajaran agama menyebutkan bahwa anak dididik sesuai dengan zamannya. Sementara didikan orangtua dulu tidak lagi sesuai dengan zamannya jika diterapkan di kekinian.

Baca juga: Kisah Letda Nugra Pussaka, Yatim Piatu Yang Jadi Perwira Remaja TNI

Baca juga: Nurul Aini Lintang Swastika, Siap Harumkan Riau di Pemilihan Putri Remaja Tingkat Nasional

Baca juga: Kisah Kiai Berkuda di Riau Bagi-Bagi Bendera Merah Putih

Riri Sulaiman tidak menemukan sekolah yang sistem belajar mengajarnya tak sepemikiran dengan dia. Akhirnya ia berniat membangun sekolah. Dinamakan dengan Starkids Islamic Flexischool Pekanbaru.

"Saya membuat sekolah yang sesuai dengan konsep pemikiran saya. Sekaligus dapat mengedukasi lebih banyak orangtua," kata Riri Sulaiman. Ini adalah konsep flexischool yang pertama dan masih satu-satunya di Riau.

Wanita 46 tahun ini menjelaskan, flexischool berada di antara sistem homeschooling dengan pendidikan formal berbasis kurikulum. Riri Sulaiman menjelaskan, banyak yang mengira Starkids menerapkan homeschooling.

Menurut dia, homeschooling adalah pengajaran yang seluruhnya dilakukan orangtua di rumah. Ia mengatakan, sekolah bentukannya menjadi mitra orangtua. Sehingga, sekolah tidak hanya memberi materi pelajaran kepada peserta didik.

"Orangtua juga kita bekali edukasi sesuai kebutuhan anak dan orangtua," ujar Riri Sulaiman. Ia menambahkan, orangtua yang menyekolahkan anaknya di flexischool tentunya memiliki pemahaman sama tentang parenting.

Baca juga: Daftar 16 Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu

Baca juga: Rattan Handmade, Tempat Kerajinan Rotan Unik di Pekanbaru

Baca juga: Cerita Pengusaha Cantik di Riau Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Riri Sulaiman memiliki misi "merumahkan" para ibu. Merumahkan dalam artian menjadi ibu sekaligus sebagai istri sebagaimana mestinya. Ia tidak begitu setuju dengan wanita yang melulu mengejar karir.

Menurut Riri Sulaiman, wanita sesuai kondratnya setelah menikah pasti akan menjadi istri dan ibu. Meski begitu, bukan berarti wanita menjadi tidak berdaya dan hanya menghabiskan hari-hari di rumah mengurus anak dan suami.

"Wanita, di samping sebagai istri dan suami, bisa juga bermanfaat bagi orang banyak dan tetap produktif," ujar Riri Sulaiman. Ia mengemukakan, banyak wanita yang masih minder dengan status sebagai ibu rumah tangga. Padahal mestinya bangga.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved