Kisah Letda Nugra Pussaka, Yatim Piatu Yang Jadi Perwira Remaja TNI

Letda Nugraha Pussaka merupakan perwira remaja TNI lulusan pendidikan taruna akmil tingkat IV tahun pendidikan 2020

Editor: Aan Ramdani

Kisah Letda Nugra Pussaka, Yatim Piatu Yang Jadi Perwira Remaja TNI

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Letda Nugraha Pussaka, ia telah resmi dilantik sebagai perwira remaja TNI tahun 2020.

Letda Nugraha Pussaka merupakan yatim piatu yang ditinggalkan sang ibu saat usia 8 tahun kemudian pada usia 10 tahun ia juga harus kehilangan sosok Ayah.

Tidak mudah bagi Letda Nugraha Pussaka untuk melewati masa-masa itu. Namun orang-orang terdekat dseperti Kakak dan lainya selalu saling memberi semangat untuk tetap menjadi yang terbaik.

Kecintaan Letda Nugraha Pussaka terhadap dunia militer sesungguhnya sudah tertanam dalam hatinya sejak kecil.

Letda Nugraha Pussaka kecil hidup dikawasan militer. Karena memang sang ayah merupakan seorang militer yakni mantan Komandan Pusdikpassus Brigadir Jenderal TNI (Anumerta) Ricki Samuel yang meninggal dunia 8 Juni 2009 lalu karena kecelakaan Helikopter Bolkow di kawasan perbukitan Rawa Beber, Cianjur Selatan saat hendak meninjau latihan. Kala itu, Letda Nugraha Pussaka kecil masih duduk dibangku kelas 6 Sekolah Dasar.

Baca juga: Lisa Sariani, Semangat Geluti Dunia Voice Over

Baca juga: Desi Wahyuni, Berhasil Jalani Usaha Apotek di Pekanbaru

Baca juga: Kisah Bocah Malang Tertancap Bambu di Inhil Riau, Berhasil Diselamatkan

"Dari kecil itu saya memang tidak jauh dari dunia kemiliteran, dari kakek itu militer dan ayah juga dari militer. itu saya sudah kenal namanya tinggal di batalion," jelas Letda Nugraha Pussaka di Channel Youtube TNI AD yang berjudul "Aku Ingin Seperti Ayah Ku".

Letda Nugraha Pussaka kecil kala itu melihat bahwa menjadi seorang tentara itu sangat keren, terlebih saat ia melihat langsung sang ayah kala itu memimpin pasukannya. Hal itulah yang tertanam dalam hatinya hingga saat ini, kegigihan sang ayah pulalah yang ia ikuti.

"Saya juga sadar bahwa bapak juga dulu seperti ini, mungkin lebih susah lagi dan lebih parah kondisinya. Misalnya saya merasa sudah capek dan sudah lemah, terusa ya bapak saya aja dulu bisa masa saya tidak bisa," kata Letda Nugraha Pussaka dalam video 11 menit 22 detik tersebut.

Bagi Letda Nugraha Pussaka sosok sang ayah Brigadir Jenderal TNI (Anumerta) Ricki Samuel tetap menjadi sosok yang terus memotivasi hidupnya meski kini ia telah tiada.

"Mungkin kalau masih ada saya mau bilang aja semoga saya bisa minimal kayak Bapaklah, bisa menggugah banyak orang, bisa motivasi banyak orang sehingga kebaikan itu kesemuanya bahkan sampai ke saya," kata Letda Nugraha Pussaka.

Saat Letda Nugra Pussaka sedang pendidikan taruna akmil tingkat IV tahun pendidikan 2019/2020, disaat cuti ia juga kerap ziarah ke makam kedua orangtuanya.

Meskipun Letda Nugra Pussaka ditinggal sejak kecil, ia masih ingat betul pendidikan yang ditanamkan oleh kedua orangtuanya. Sehingga keberhasilanya sampai saat ini tidak terlepas dari orangtua.

Baca juga: Sahirman Semangat Jual Kuliner Ikan Asin di Tol Pekanbaru-Dumai

Baca juga: Kisah Anggota Dewan Riau Dagang Bakso Tak Laku, Sugeng Pranoto

Baca juga: Fanji Giovani, Polisi Riau Yang Sukses Jadi Gamer

"Saya bangga dan saya jadikan ini seabagi tradisi (ziarah makam) dan setiap kalai saya cuti datang kemari pada ayah dan ibu untuk berdoa sejenak saja bersama kakak karena selama empat tahun ini saya bisa menjalankan dengan baik dan tidak ada suatu kendala apapun, atas berkat bimbingan orangtua saya bisa menjadi sebagai seorang Letnan Dua baru dan dan dapat mengemban tuga-tugas TNI AD," kata Letda Nugra Pussaka disela-sela ziarah makam.

Sebagai seorang perwira muda ia tau betul akan banyak tantangan kedepan, termasuk juga dengan anggota-anggotanya yang sudah pasti jauh lebih berpengalaman dari berbagai hal.

"itu tantang utama sebagai perwira remaja, karena anggota kita sudah lebih berpengalaman sudah lebih banyak waktu dinas, waktu jam terbang lalu umurnya juga bisa tiga kali lipat dari saya dan bisa saya panggil bapak saya sendiri. namun memang itu yang menjadi tantangan kita. Sehingga kita harus lebih memberikan tauladan bagi mereka, kalau saya jadi contoh yang baik maka pasti mereka akan mau dengan ikhlas mengikuti perintah-pererintah saya dan saya akan berusaha sebisa mungkin memberikan kebijakan-kebijakan untuk kesejahteraan anggota saya," harapnya.

Sedangkan Assila Amelia, Kakak Letda Nugra Pussaka mengaku sangat bangga melihat keberhasilan sang adik. Bagi Assila, Letda Nugra Pussaka merupakan sosok yang sangat peduli dan perhatian dengan keluarga.

"Mungkin orang juga gak tahu bahwa banyak yang sudah dilalui sama Saka, misalnya dia dari umur 8 tahun sudah ditinggal sama Mamah terus umur 10 tahun ditinggal sama Papah. Jadi pasti ada didalam diri dia yang merasa kadang-kadang oh saya sendirian nih tapi, saya bangga banget sama dia karena sampai sekarang dia masih bisa punya fighting spirit yang tinggi dan dia sangat bisa memotovasi dirinya sendiri untuk tetap menjadi orang yang baik meskipun tidak ada guidance dari orangtuanya," papar Kakak Letda Nugra Pussaka.

Baca juga: Nurul Aini Lintang Swastika, Siap Harumkan Riau di Pemilihan Putri Remaja Tingkat Nasional

Baca juga: Perjuagan Anak Pedalaman di TNBT Riau Lintasi Hutan Sungai dan Dikejar Satwa Liar

Baca juga: Kisah Mohamad Amin, Lurah di Pekanbaru Rutin Cuci Darah Untuk Bertahan Hidup

Assila Amelia juga sangat yakin bahwa sang adik Letda Nugra Pussaka bisa menjadi lebih baik lagi kedepan. Ia juga berpesan supaya Letda Nugra Pussaka tetap menjaga integritas, tetap takut akan tuhan, tetap rendah hati dan tetap ingat pesan-pesan serta nilai-nilai yang pernah diajarkan oleh kedua orangtuanya semasa hidup yakni harus menjaga karakter baik dalam diri.

"Saya yakin banget mereka (orantua) juga akan bangga melihat Saka (Letda Nugra Pussaka) , melihat Saka sudah mencapai tahap hidup sejauh ini dan menjadi orang yang baik menurut saya, sampai segininya pasti mereka bangga dengan anaknya dan semoga kita akan terus membuat orangtua kami bangga," kata Assila Amelia.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved