Dua Hotel di Pekanbaru Untuk Rawat Pasien Covid-19 Masih Proses Persiapan

Dua hotel di Kota Pekanbaru yakni Hotel Grand Suka dan Hotel Mutiara Merdeka sedang dipersiapkan untuk isolasi pasien positif covid-19.

Editor: Aan Ramdani

Dua Hotel di Pekanbaru Untuk Rawat Pasien Covid-19 Masih Proses Persiapan

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Dua hotel di Kota Pekanbaru yakni Hotel Grand Suka dan Hotel Mutiara Merdeka sedang dipersiapkan untuk isolasi pasien positif covid-19.

Menurut Guberur Riau Syamsuar saat ini perkembangan persiapan pengoprasian dua hotel tersebut masih dalam tahap mempersiapkan tenaga medis yang akan bertugas di Hotel Grand Suka dan Hotel Mutiara Merdeka  nantinya.

Ditambahkan Gubernur Riau Syamsuar meskipun hotel tersebut untuk pasien covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan harus tetap dipersiapkan tenaga medis yang akan mengawasi dan mengontrol pasien.

"Kita sudah rapat bersama dengan semua pihak, kalau kami melihat dua hotel ini sudah bisa digunakan. Tinggal kita siapkan tenaga medisnya saja lagi, supaya nanti disetiap hotel itu ada tenaga medisnya,"kata Gubernur Riau Syamsuar Rabu (23/9/2020) kepada tribunpekanbaru.com.

Begini Kecanggihan Gimbal Zhiyun Crane 2S, Cocok Untuk Videografer Profesional

Foto: Penampilan Kuda Lumping Krido Turonggo Mulyo di Kampar Riau

Namun Gubernur Riau Syamsuar tidak memaparkan secara rinci berapa tenaga medis yang dibutuhkan untuk merawat pasien Covid-19 di Hotel Grand Suka dan Hotel Mutiara Merdeka ini.

Gubernur Riau Syamsuar menegaskan, pihaknya akan menyewa dua hotel tersebut secara penuh. Artinya, hotel tersebut tidak lagi digunakan untuk menginap bagi masyarakat umum jika nanti sudah dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif positif covid-19 di Riau.

"Itu full kita sewa, tidak boleh ada yang lain khususnya untuk isolasi mandiri saja, tidak boleh bercampur baur bahaya nanti," ujar Gubernur Riau Syamsuar.

Seperti diketahui, Pemprov Riau menyiapkan 220 kamar hotel yang akan dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19. masing-masing di Hotel Grand Suka sebanyak 120 kamar dan Hotel Mutiara Merdeka 100 kamar.

Mengenal Sulaman Khas Melayu Riau

Tumpukan Batu Peninggalan Abad Ke-14 Ditemukan di Makam Datuk Gigi Putih Desa Temiang Riau

Seluruh kamar tersebut akan disewa oleh Pemprov Riau dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau. Namun berapa anggaran yang disiapkan oleh Pemrov Riau untuk menyewa 220 kamar hotel tersebut sejauh ini belum dijelaskan.

Keberadaan dua hotel ini sebagai tempat isolasi madiri pasien positif covid-19 di Riau diharapkan menjadi alternatif bagi pemerintah daerah dalam enekan angka penyebaran Covid-19 dan semakin meningkatkan angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Riau. Sebab saat ini lebih seribu pasien positif covid-19 di Riau tanpa gejala atau gejala ringan di dirawat atau isolasi secara mandiri di rumah masing-masing.

"Di Riau yang banyak itu OTG dimana mereka dilakukan isolasi mandiri, dengan adanya fasilitas yang kita siapkan ini, tentu harapan kami mereka bisa cepat sembuh dan tidak menularkan ke anggota keluarga atau orang lainya," harap Gubernur Riau Syamsuar.

--

(Syaiful Misgiono/tribunpekanbaruwiki.com)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved