Mahasiswa KKN UMRI Ajak Masyarakat Waspada Karhutla

Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Riau kelompok 18 melaukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat

tribunpekanbaruwiki.com
Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Riau kelompok 18 melaukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan kepada petani uni di di Kecamatan Tenayan Raya 

Mahasiswa KKN UMRI Ajak Masyarakat Waspada Karhutla

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Muhammadiyah Riau kelompok 18 melaukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat yang ada di di Kecamatan Tenayan Raya, kelurahan Sialang Sakti sejak 10-24 Agustus 2020.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau merupakan permasalahan yang sering terjadi setiap tahun khususnya di musim kemarau. Hal ini pula yang menjadi alasan Kelompok 18 mahasiswa KKN UMRI 2020 mengangkat tema tentang karhutla.

"Sosialisasi ini dilakukan agar para petani ubi di kecamatan Tenaya Raya tidak melakukan pembakaran lahan ketika akan membuka lahan baru yang akan di tanami ubi nanti.” Tegas Suparjo Rustam, Ketua Kelompok 18 KKN UMRI.

Ia juga menambahkan, dengan adanya sosialisasi terkait karhutla ini diharapkan kesadaran masyarakat semakin bertambah untuk menjaga lingkungan.

Kisah Warga Riau Sukses Budidaya Kaktus Omset Puluhan Juta Perbulan

Kisah Kiai Berkuda di Riau Bagi-Bagi Bendera Merah Putih

Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Muhammadiyah Riau kelompok 18 melaukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat yang ada di di Kecamatan Tenayan Raya, kelurahan Sialang Sakti
Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Muhammadiyah Riau kelompok 18 melaukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat yang ada di di Kecamatan Tenayan Raya, kelurahan Sialang Sakti (tribunpekanbaruwiki.com)

Menurutnya, hampir setiap kabupaten di Provinsi Riau mengalami kebakaran hutan, tanpa terkecuali juga Kota Pekanbaru. Berdasarkan data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Sepanjang tahun 2020 ini, ada 19 kejadian terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla) yang terjadi di Kota Pekanbaru, dengan total lahan terbakar 59,39 Hektare.

Maka dari itu, Mahasiswa KKN UMRI kelompok 18 melakukan sosialisasi pencegahan karhutla di Kelurahan Sialang Sakti yang dibimbing oleh Dosen Bpk. Dr. Baidarus, MM. M.Ag dan di ketuai oleh Suparjo Rustam, yang beranggotakan Desta Juwita, M. Yazid Nur Hazki, M. Zulham Sartama, Soraya Annisa Nst, Teguh Wahyudi, Yekty Titifanny, dan Zemi Yunanda.

Kelompok 18 KKN UMRI mengajak para petani ubi di tenayan rayakhususnya untuk mewaspadai karhutla terutama di masa pandemi saat ini. Karena banyak masyarakat yang membuka lahan dengan cara cepat yaitu dengan membakar lahan. Hal itu dikhawatirkan akan bertambah jumlahnya karena pada masa pandemi ini banyak masyarakat yang mengalami penurunan ekonomi.

4 Jembatan Megah di Pekanbaru

5 Benda Unik di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

Masjid Raya An Nur

Adapun sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi UMRI ini adalah dengan memberikan pengetahuan tentang bahaya dampak Karhutla dan cara pencegahannya.

"Bisa dibayangkan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan ditengah pandemi ini, masyarakat Kota Pekanbaru pasti akan semkakin kesulitan melakukan aktifitas sehari-hari," tambah Suparjo Rustam.

Selain melakukan sosialisasi, mahasiswa KKN UMRI kelompok 18 juga melakukan pengecekan lapangan ke lahan ubi para petani untuk memastikan bahwa lahan yang di kelolah sudah jauh dari resiko yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kami berharap, dengan adanya sosialisasi ini, kami sebagai petani semakin andil untuk menjaga lahan dari kebakaran.” Ungkap Agus, salah satu petani ubi.

Kelompok 18 KKN UMRI akan terus menjaga konsistensi dalam kegiatan sosialisasi ini, agar semakin banyak masyarakat Pekanbaru yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dari kebakaran hutan dan lahan.

De Femmys Cluster

Foto: Aksi Latihan Komunitas HORE BMX

Seikatsu Cosplay Community

--

(Tribunpekanbaruwiki.com/Aan Ramdani)

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved