Manggala Agni Pekanbaru dan TNI Gelar Upacara Kemerdekaan RI di Lokasi Karhutla

Bendera merah putih terlihat berkibar sempurna di tonggak kayu yang ditancapkan dilahan kebakaran lahan, Senin (17/8/2020)

Isimewa
Personil TNI dan Manggala Agni Menggelar Upacara Memperingati kemerdekaan RI ke 75 secara sederhana di lokasi kebakaran, Senin (17/8/2020). 

Manggala Agni Pekanbaru dan TNI Gelar Upacara Kemerdekaan RI di Lokasi Karhutla

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Bendera merah putih terlihat berkibar sempurna di tonggak kayu yang ditancapkan dilahan kebakaran lahan, Senin (17/8/2020) di salah satu titik kebakaran lahan di Jalan Pariwisata, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki.

Sikap hormat dilakukan oleh para petugas dari Manggala Agni Pekanbaru dan Anggota TNI. Itulah gambaran saat para petugas yang sibuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan saat menggelar Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-75 secara sederhana.

Lagu Indonesia Raya pun berkumandang, rasa letih dan panas pun tidak mereka hiraukan. Rasa bangga dan rasa nasionalis, itulah yang mereka lakukan untuk meresapi makna Hari Kemerdekaan.

Selesai upacara, para personil pun kembali berjibaku muntuk menjinakan Si Jago Merah yang masih membara.

Komunitas HORE BMX

Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

Aksi Bersih Sampah di Taman Wisata Alam Buluh Cina Riau

Petugas Manggala Agni Melakukan pemadaman kebakaran lahan di Jalan Pariwisata, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Senin (17/8/2020)
Petugas Manggala Agni Melakukan pemadaman kebakaran lahan di Jalan Pariwisata, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Senin (17/8/2020) (Isimewa)

Kepala Manggala Agni Daerah Operasi Pekanbaru, Edwin Putra mengatakan, jajarannya sudah dua hari melaksanakan pemadaman di lokasi tersebut.

"Jadi tadi pagi sebelum upacara teman-teman kita ini telah berjibaku memadamkan api. Kemudian saat tepat detik-detik proklamasi, pemadaman dihentikan sebentar untuk kemudian dilaksanakan upacara," ujarnya.

Sambung Edwin, selesai upacara, para personel kembali melaksanakan tugas, melakukan upaya pemadaman.

Dia menguraikan, adapun jenis tanah di lahan terbakar, yakni gambut. Dengan vegetasi semak belukar, serasah, dan akasia.

Sardi Mayanto Modifikasi Toyota Yaris Jadi Lebih Elegan

Pusat Konservasi Harimau Sumatra Akan Dibangun di Riau

Kisah Kiai Berkuda di Riau Bagi-Bagi Bendera Merah Putih

"Luasan lahan yang terbakar sekitar 1,5 hektare. Hari ini masuk hari kedua pemadaman," jelas Edwin.

Diuraikannya, teknis pemadaman menggunakan 1 unit mesin pompa pemadam dengan 2 jalur pemadaman.

Tim berusaha melakukan penyekatan api yang tersebar acak.

"Alhamdulillah kondisi titik api di sana sudah berhasil dikendalikan. Hanya saja masih menyisakan asap dan kita terus melakukan pendinginan," pungkasnya.

Lihat Video Upacara kemerdekaan Yang Dilakukan personil Manggala Agni dan TNI di Youtube Channel Tribun Pekanbaru Berikut :

(Tribunpekanbaruwiki.com/Aan Ramdani)

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved