Kisah Kiai Berkuda di Riau Bagi-Bagi Bendera Merah Putih

Kegiatan tersebut Kiai Andi Sidomulyo awali dengan memborong ratusan bendera merah putih dari pedagang musiman yang ada di pinggir jalan

Editor: Aan Ramdani
Isimewa
Aksi Kiai Andi Sidomulyo di Riau Bagi-Bagi Bendera Merah Putih dengan Naik Kuda 

Kisah Kiai Berkuda di Riau Bagi-Bagi Bendera Merah Putih

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Andi Sidomulyo, ia merupakan Kiai sekaligus pemilik pondok pesantren rehabilitasi Narkoba Quraniq Center di Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

Kiai Andi Sidomulyo menilai semangat nasionalis masyarakat belakangan ini terlihat menurun, berangkat dari kerisauan tersebut ia coba melakukan satu hal yang cukup unik, yakni membagi-bagikan bendera merah putih kepada masyarakat secara gratis dengan menunggangi kuda miliknya.

Kegiatan tersebut Kiai Andi Sidomulyo awali dengan memborong ratusan bendera merah putih dari pedagang musiman yang ada di pinggir jalan jelang pelaksanaann Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75.

Tidak sendiri, Kiai Andi Sidomulyo ditemani sejumlah anggota dan sahabatnya. Setelah berhasil memborong ratuusan bendera merah putih lantas mereka bergegas menunggangi kuda untuk menuju pemukiman masyarakat, terutama rumah-rumah warga yang ekonominya menengah ke bawah.

4 Jembatan Megah di Pekanbaru

Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu

5 Benda Unik di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

Kiai Andi Sidomulyo saat membagikan bendera merah putih secara gratis kepada warga di Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulur, Riau
Kiai Andi Sidomulyo saat membagikan bendera merah putih secara gratis kepada warga di Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulur, Riau (Isimewa)

Aksi Kiai di Riau Bagi-Bagi Bendera Merah Putih dengan Naik Kuda ini tetu saja disambut antusias masyarakat.

Rasidah misalnya, ia mengaku senang mendapatkan bendera merah putih yang baru. Pasalnya, bendera merah putih yang biasanya ia kibarkan sudah lusuh dan warnanya pudar.

"Alhamdulillah diantarkan pak Kiai bendera, kebetulan bendera di rumah belum sempat dipasang, dan sudah lusuh juga,"ujar Rasidah warga yang mendapatkan bendera merah putih.

Tidak hanya sekedar membagi-bagikan bendera merah putih, Kiai Andi Sidomulyo juga menyampaikan pesan-pesan nasionalisme. Menurut Kiai Andi Sidomulyo, Nasionalisme harus terus ditingkatkan demi menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sebuah kerisauan dari saya karena semangat nasionalisme itu saat ini kurang hal ini dilihat dari semangat memeriahkan HUT RI. Makanya saya punya inspirasi dengan menaiki kuda membagikan bendera merah putih ke warga,"ujar Andi Sidomulyo saat berbincang dengan tribunpekanbaru.com

Ini Daftar 12 Masjid Paripurna di Kota Pekanbaru

Masjid Raya An Nur

Kisah Warga Riau Sukses Budidaya Kaktus Omset Puluhan Juta Perbulan

Dalam aksinya ini Kiai Andi Sidomulyo juga menguji sejumlah anak-anak muda untuk membacakan Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan. Namun, ternyata masih ada juga yang belum hafal sepenuhnya.

"Jadi inilah yang melatarbelakangi saya untuk meningkatkan semangat nasionalisme rakyat. Makanya saya Kampanyekan dengan menebar bendera,"ujar Kiai Andi Sidomulyo.

Selama menjalankan kampanye itu, Andi sudah menyebarkan lebih dari 200 bendera kepada masyarakat terutama masyarakat kurang mampu.

"Alhamdulillah saat ini sudah mulai ramai dan semangat mengibarkan bendera masyarakat meningkat,"ujar Andi.

Cerita Pengusaha Cantik di Riau Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Unik, Wisudawan di Pekanbaru ini Pakai Sepeda Ontel

Kawanan Gajah Masuk Perkebunan Warga di Riau

Risau Menurunnya Rasa Nasionalisme, Andi Sidomulyo Naik Kuda Bagikan Bendera Merah Putih Gratis
Risau Menurunnya Rasa Nasionalisme, Andi Sidomulyo Naik Kuda Bagikan Bendera Merah Putih Gratis (Isimewa)

Ia berharap tidak hanya aksi ini digelar di sekitar lingkungannya, namun bisa menyebar ke daerah lain terutama di daerah pelosok, sehingga masyarakat bisa memaknai kemerdekaan dan menghargai perjuangan pahlawan.

"Kita berharap agar ini menular dengan yang lain, dan bisa kita semangat dalam memeriahkan hari kemerdekaan,"ujar Andi Sidomulyo.

--

(tribunpekanbaruwiki.com / Nasuha Nasution)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved