Kisah Warga Riau Sukses Budidaya Kaktus Omset Puluhan Juta Perbulan

Budidaya tanaman Kaktus yang dikelola oleh warga Bengkalis Riau ini bisa menghasilkan omset puluhan juga perbulanya.

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Nabila Fitri Saat memperlihatkan koleksi kaktus, Sekulen dan Terarium miliknya di Galeri Kaktus NF , Minggu (19/7/2020) pagi. 

Kisah Warga Riau Sukses Budidaya Kaktus Omset Puluhan Juta Perbulan

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Berawal dari hobi ternyata bisa menjadi usaha baru di masa pandemi seperti ini. Ini sudah dibuktikan oleh ibu muda Nabila Fitri di Bengkalis, bahkan dirinya sudah meraih omset puluhan juta setiap bulannya.

Hobi wanita yang akrab disapa Fitri ini mengoleksi tanaman jenis kaktus di rumahnya. Berawal pada September tahun lalu minat mengkolesi kaktus timbul ketika melihat, postingan postingan orang di media sosial banyak koleksi kaktus yang menarik.

"Apalagi setelah tau tanaman kaktus ini merupakan tanaman yang sangat mudah dipelihara dibandingkan bunga lainnya. Tidak perlu disiram dan terkena sinar matahari setiap hari, jadi merawatnya mudah sama seperti karakter kami yang sibuk dan tidak banyak waktu untuk merawat tanaman," awal Fitri membuka cerita.

Karena tertarik, Fitri kemudian memesan kaktus secara online yang dibelinya seharga lima ratus ribu rupiah. Rencananya memang hanya untuk koleksi sendiri di rumah dengan harga segitu sudah dapat 30 jenis kaktus.

Saat tanaman pesanannya ini pertama kali sampai Fitri mengaku cukup senang dengan koleksinya, kemudian dia merawatnya dengan serius. Merasa tidak ingin menikmati sendiri koleksinya, dia mempostingkan kecantikan tanaman kaktusnya di akun media sosial pribadinya.

Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

Habib Ramadhan Kenalkan Adat dan Budaya Kampar Riau Lewat Youtube

Kisah Suardi, Relawan Asal Riau

"Ternyata postingan kaktus kami ini banyak kawan kawan yang suka. Bilang kaktus kami cantik dan banyak yang mau adopsi dan akhirnya kawan kawan kami beli bibit yang kami punya ini," terang Fitri.

Banyaknya rekannya membeli, koleksi Fitri pun berkurang. Dengan ini kembali menambah koleksinya lantas Fitri kembali memesan kaktus ini.

Tentu saja pesanannya hanya jenis yang dia sukai. "Namanya untuk koleksi pribadi, tentu yang kami suka saja kami pesan kalau ada yang mau beli kami kasih lagi kalau tidakkan tidak rugi karena kami memang suka dengan jenis yang kami punya," ungkap Fitri saat ditemui digaleri Kaktusnya.

Ketika pandemi Covid 19 melanda pada Maret lalu, usaha yang dikelola Fitri yakni travel umroh terpaksa tutup. Karena tidak ada keberangkatan ke tanah suci diperbolehkan akibat Covid 19.

Dari sinilah kemudian Fitri tersadar akan potensi jualan kaktus ini. Melihat peminatnya dari kawan kawannya awal dulu cukup ramai.

drg Nodika Herda Tri Utami

Sardi Mayanto Modifikasi Toyota Yaris Jadi Lebih Elegan

Proteksi Diri Ditengah Pandemi Covid-19

Ditengah kegiatan bisnis umrohnya tidak lagi jalan. Fitri mulai menseriuskan pengelolaan hobinya berharap bisa jadi usaha barunya.

Seakan gayung bersambut, ditengah pandemi dan kurangnya aktifitas masyarakat di luar rumah, banyak orang orang yang mengalihkan aktifitas di rumah dengan menanam tanaman kesukaan. Sebagian yang melihat postingan Fitri dengan tampilan kaktus menarikpun menjadi daya tarik sendiri.

"Awalnya kawan sendiri yang membeli, mungkin karena banyak yang senang beredarlah dari mulut ke mulut membuat orang penasaran dengan koleksi kami. Dari situlah jumlah permintaan semakin meningkat," ceritanya.

Saat itu omset penjualan kaktus milik Fitri sekitar tiga ratus sampai lima ratus ribu rupiah perharinya. Dari prospek jualan yang mulai lumayan inilah Fitri bertambah semangat mengembangkan usahanya, apalagi di Bengkalis belum ada usaha tamana kaktus serius seperti yang dibuatnya.

Semula tanaman Kaktus Fitri ini hanya dipajangkan seperti koleksi biasanya, sejak prospek jual mulai jelas. Dia mulai membenah galeri kaktus yang berada di depan rumahnya.

4 Jembatan Megah di Pekanbaru

5 Benda Unik di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

Monumen Lokomotif, Jejak Romusha di Pekanbaru Riau

"Kami juga saat itu menambah stok kaktus. Sekitar lima ratua pot yang kami sediakan dengan berbagai jenis dari jenis kaktus sekulen dan terarium mulai kami sediakan," ungkap Fitri.

Semakin ramainya koleksi kaktus milik Fitri ini, diapun semakin rajin mepostingnya dilaman media sosial Facebook pribadinta. Bahkan sempat dipasangkannya promosi berbayar dari Facebook.

Dari postingan postingan inilah kemudian semakin bertambah orang orang yang bertanya hingga menbeli kaktusnya. "Bahkan kemarin ada yang pesan untuk kado ulang tahun ibu Bupati Bengkalis sama kita. Ada juga ibu Camat dan dokter yang beli ke kita," terangnya.

Saat ini usaha kaktu milik Fitri semakin berkembang. Omset hariannya saja paling sedikit satu hari sekitar delapan ratus ribu rupiah. Bahkan sering omset perharinya mencapai diatas satu juta rupiah perharinya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved