Tujuh Daerah di Riau Belum Salurkan Bantuan Covid 19

Tujuh Daerah yang belum menyalurkan bantuan Covid-19 kepada warganya Kabupaten Indragiri Hilir, Siak, Kampar, Rohil, Pelalawan, Bengkalis dan Meranti

Istimewa
Pemberian paket sembako kepada mahasiswa Unilak yang Kos oleh Rektor Unilak Dr. Junaidi.SS.M.Hum ditengah wabah covid 19. 

Tujuh Daerah di Riau Belum Salurkan Bantuan Covid 19

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Sebanyak tujuh daerah di Riau belum menyalurkan bantuan sosial covid-19 kepada masyarakat yang terdampak, berdasarkan data dari Dinas Sosial Provinsi Riau.

Padalah wabah virus corona sudah masuk ke Riau sejak Maret 2020 lalu. Namun selama lebih kurang lima bulan Pandemi Covid-19 melanda, hingga saat ini belum semua warga Riau yang mendapatkan bantuan.

Tujuh daerah yang belum menyalurkan bantuan Covid-19 kepada warganya yang terdampak tersebut  adalah Kabupaten Indragiri Hilir, Siak, Kampar, Rokan Hilir, Pelalawan, Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sedangkan lima kabupaten/kota lainya, yakni Dumai, Kuantan Singingi, Pekanbaru, Indragiri Hulu dan Rokan Hulu sudah menyalurkan.

Proteksi Diri Ditengah Pandemi Covid-19

Sardi Mayanto Modifikasi Toyota Yaris Jadi Lebih Elegan

Pusat Konservasi Harimau Sumatra Akan Dibangun di Riau

“Itupun beberapa daerah masih dalam proses penyaluran, artinya belum tuntas semua,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Dahrius Husein di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Rabu (5/8/2020) kepada tribunpekanbaru.com.

Di Kota Dumai, realisasi bantuan keuangan kepada masyarakat untuk menanggulangi kebutuhan masyarakat terdampak corona, diperkirakan sudah berjalan hingga 90 persen. Pada tahap pertama dan kedua telah selesai, sedangkan di tahap ketiga masih dalam proses.

Sedangkan untuk di Pekanbaru, penyaluran dana bantuan sosial ini sudah mengajuka dana untuk 2 tahap, namun baru 1 tahap yang berjalan. Sedangkan Kuantan Singingi (Kuansing) hanya mengajukan bantuan keuangan untuk 1 tahap dulu, sedangkan Inhu dan Rohul sedang berjalan penyaluran dana pada tahap pertama.

Dahrius menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi kabupaten/kota yang belum menyalurkan bantuan dana tersebut lantaran terbentur pada kendala teknis. Harusnya masalah-masalah seperti ini sudah diselesaikan sebelum mereka mengajukan bantuan keuangan tersebut.

“Beberapa kabupaten/kota justru ada yang melakukan verifikasi data ulang. Harusnya ini sudah mereka selesaikan sebelum mekakukan usulan. Karena dananya sudah ada, sebaiknya segera diselesaikan,” ujarnya.

Rattan Handmade, Tempat Kerajinan Rotan Unik di Pekanbaru

Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

Amar Memandikan Ular Piton Jumbo 5 Meter

Namun jika nantinya ada orang yang anggap tidak layak menerima bantuan itu, pihaknya berharap agar jangan disalurkan.

"Sementara ada warga yang berhak namun tidak masuk dalam daftar, bisa dimasukkan nama mereka pada tahap kedua,” katanya.

Dia menambahkan, Pemprov Riau sejak awal memang tidak memberikan batasan waktu terhadap penyaluran dana kepada warga terdampak corona ini. Namun demikian, pihaknya tetap mendesak agar kabupaten/kota bisa segera melakukan realisasi.

--

(Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved