Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak sangatlah penting, supaya perkembangan gigi pada anak bisa berjalan dengan baik hingga mereka dewasa.

tribunpekanbaruwiki
drg Nodika Herda Tri Utami merupakan dokter gigi yang bertugas di Puskesmas Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak sangatlah penting, supaya perkembangan gigi pada anak bisa berjalan dengan baik hingga mereka dewasa.

Peran orangtua sangatlah penting untuk memperhatikan kesehatan gigi dan mulut pada anak. Sebelum gigi susu tumbuh perawatan sudah bisa dilakukan dengan cara membersihkan gusi saat anak masih bayi.

"Biasanya saat anak usia 6 bulan sudah tumbuh gigi dalam usia ini orangtua sudah bisa melakukan peawatan. Bahkan saat belum tumbuh bisa menjaga kebersihan mulut dan gusinya dengan mengelapan air hangat menggunakan kasa lembut. Karena bayi jugakan minum asi atau susun formula, sehingga perlu dirawat kebersihan mulutnya," jelas drg Nodika Herda Tri Utami kepada tribunpekanbaru.com dalam program Mom and kids, Sabtu (31/7/20202).

Ketika gigi sudah mulai tumbuh, ayah dan bunda sudah bisa memperkenalkan peralatan untuk merawat gigi dan mulut seperti halnya menggosok gigi. Disamping itu, juga sudah bisa melakukan pemeriksaan rutin minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi, paling tidak saat usia anak sudah 1 tahun sudah bisa melakukan pemeriksaan gigi.

drg Nodika Herda Tri Utami

TYCI Chapter Riau

Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

"Nah, kebanyakan orangtua itu membawa anaknya ke dokter gigi disaat anak sudah mengalami keluhan sakit," katanya.

Menurut drg Nodika Herda Tri Utami, masalah kesehatan yang paling sering terjadi baik anak maupun dewasa adalah Karies atau masyarakat lebih mengenal gigi berlubang. Potensi munculnya gigi berluang ini terjadi saat gigi anak mulai tumbuh, terutama saat buah hati sudah bisa mengkonsumsi makanan-makanan keras atau makanan yang mengandung gula.

"Misalnya makanan kesukaanya seperti coklat dan permen serta makanan manis lainya. Karena seperti coklat inikan lengket pada gigi, paling tidak kalau sudah makan harus kumur-kumur dengan air putih," sambungnya.

Kerap kali orangtua tidak sadar bahwa karies gigi itu sangat berpotensi terjadi. "Ada bintik kecil putih itu sudah menjadi cikal bakal gigi berlubang sampai nantinya berubah coklat dan berlubang bisanya bisa sampai saraf gigi, inilah yang membuat anak mengeluh kesakitan pada gigi," katanya.

4 Jembatan Megah di Pekanbaru

5 Benda Unik di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

Rattan Handmade, Tempat Kerajinan Rotan Unik di Pekanbaru

Sehingga poin yang paling penting adalah melakukan pencegahan sebelum terjadi karies pada gigi. Tentunya harus rajin membersihkan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi secara rutin 2 kali dalam sehari.

"Pertama itu setelah sarapan pagi kemudian gosok gigi lagi saat malam hari sebelum tidur," katanya.

--

(Tribunpekanbaruwiki.com/Aan Ramdani)

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved