Tidak Pakai Masker di Pekanbaru Denda 250 Ribu

sanksi ini adalah kesepakatan bersama unsur forkopimda saat rapat evaluasi penanganan covid-19. Saat ini Kota Pekanbaru sudah kembali zona merah.

Tribunpekanbaruwiki.com
Ilustrasi : Masyarakat diminta mengenakan masker saat keluar rumah ditengah pandemi covid 19. Hal ini sebagai langkah untuk membentengi diri supaya tidak tertular dari virus covid 19 

Tidak Pakai Masker di Pekanbaru Denda 250 Ribu

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Bagi masyarakat Pekanbaru yang melanggar protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19 di Kota Pekanbaru siap-siap akan kena denda sebesar Rp 250.000 setiap pelanggar, seperti halnya tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

"Kalau abaikan protokol kesehatab, mereka bisa kena sanksi kerja sosial atau denda Rp 250 ribu," terang Asisten I Setdako Pekanbaru, Azwan kepada Tribunpekanbaruwiki.com, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, pemberian sanksi ini adalah kesepakatan bersama unsur forkopimda saat rapat evaluasi penanganan covid-19.
Saat ini Kota Pekanbaru sudah kembali zona merah.

Namun kenyataannya di pusat keramaian masih banyak yang abai terhadap protokol kesehatan. Banyak yang tidak pakai masker atau abaikan menjaga jarak di cafe, pasar dan mal.

Masjid Raya An Nur Riau Akan Sembelih Delapan Ekor Sapi Kurban

Pusat Konservasi Harimau Sumatra Akan Dibangun di Riau

Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

Kebijakan menjatuhkan saksi denda atau kerja sosial ini untuk memberi efek jera kepada masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Apalagi kebijakan pemberian sanksi yang tertuang pada perwako prilaku hidup baru masih sanksi bertahap.

Adanya sanksi bertahap mulai dari teguran hingga sanksi berat dinilai jadi kendala saat penegakan aturan. Petugas di lapangan kesulitan mendeteksi pelanggar sudah pernah melanggar atau belum.

Maka sejumlah poin dalam perwako prilaku hidup baru pun direvisi. Mereka yang kena sanksi di antaranya yang tidak kenakan masker di tempat umum hingga abaikan social distance.

"Ini jadi satu evaluasi bersama tim, ada sedikit kesulitan ketika tim penegakan hukum hendak memberi sanksi," paparnya.

Rattan Handmade, Tempat Kerajinan Rotan Unik di Pekanbaru

Candi Muara Takus

Bolu Kemojo Oleh-Oleh Khas Pekanbaru

Regulasi tentang sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan ini tertuang dalam Perwako Pekanbaru No. 111 tahun 2020 tentang perubahan Perwako No.104 tahun 2020 tentang Pedoman Prilaku Hidup Baru dalam Mencegah Covid-19 di Kota Pekanbaru.

"Kita sudah sempurnakan dan kita sudah ajukan untuk difasilitsi di pemerintah provinsi. Begitu prosesnya tuntas, kita terapkan," paparnya.

--

(Tribunpekanbaruwiki.com/Fernando Sikumbang)

Youtube Tribun Pekanbaru

Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved