Covid 19 Riau

RSUD Arifin Achmad Tambah Alat Biosafety Cabinet

dengan penambahan alat tersebut nantinya bisa melakukan pengolahan 800 hingga 900 sampel perhari.

tribunpekanbaru.com
Pelaksanaan Rapid Test di Kota Pekanbaru 

RSUD Arifin Achmad Tambah Alat Biosafety Cabinet

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Guna meningkatkan kapasitas pemeriksaan dan pengolahan sampel covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad melakukan penambahan alat Biosafety Cabinet untuk Laboratorium Biomolekuler.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Riau, dr Indra Yopi menjelsakan alat tersebut diperkirakan akan datang pekan depan.

"Minggu depan Alat Biosafety Cabinetnya datang dan bisa untuk meningkatkan pengolahan sampel," jelasnya, Jumat (26/2020).

Lebih lanjut disampaikanya, dengan penambahan alat tersebut nantinya bisa melakukan pengolahan 800 hingga 900 sampel perhari.

"Dengan demikian memungkinkan untuk kita melakukan tracing dengan kuat, sehingga semakin kuat untuk mencari kasus positif ditengah masyarakat," sambungnya.

Bolu Kemojo Oleh-Oleh Khas Pekanbaru

Istana Siak

Asam Pedas Baung

Lebih jauh dikatakanya, Pemerintah Riau juga telah menetapkan setidaknya 450 sampel perhari dengan alat yang ada saat ini. Namun, ternyata dengan semangat sumber daya manusia yang ada untuk memutus ranbtai penyebaran Covid-19, bisa mencapai 500 lebih sampel perhari. Bahkan Rabu (24/6/2020) bisa mencapai 703 sampel.

Secara teknis menurutnya dalam pengolahan sampel ada 3 proses yang didakukan, dimana dua proses memerlukan alat tersebut.

"jadi kalau alatnya sudah datang dua proses bisa langsung menggunakan alat itu, tidak bergantian lagi sehingga bisa cepat lagi," katanya.

Lebih jauh disampaikanya, jika kedepan dimungkinakan untuk melakukan pengadaan alat otomatisasi ekstaksi maka akan semakin cepat melakukan proses pengolahan sampel.

Daftar 12 Kecamatan dan 83 Kelurahan di Kota Pekanbaru

Bandar Seni Raja Ali Haji

Pasar Bawah Pekanbaru

"Apalagi kalau beli otomatisasi extrasi, bisa naik lebih 1000 perosos sampling per hari. Kalau itu terjadi kita bisa sampling banyak orang dan kita cepat tau orang dan cepat diisolasi dan disembuhkan," pungkasnya.

Dikutip dari laman biosafetycabinet.co.id, Biosafety cabinet atau disebut juga Biological Safety cabinet merupakan sebuah area kerja laboratorium dengan ventilasi udara yang telah direkayasa untuk mengamankan pekerja yang bekerja dengan sampel material, lingkungan kerja dan sampel material dari kemungkinan bahaya terkontaminasi atau menimbulkan penyebaran bakteri / virus yang bersifat patogen. sekilas mirip dengan lemari asam, hanya saja pada lemari asam tidak ada proteksi penyaring sekelas HEPA Filter.

--

(Aan Ramdani/ Tribunpekanbaruwiki.com)

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved