Tujuh Pelaku Pembalakan Liar di Kampar Riau Ditangkap

Tujuh orang pelaku diduga melakukan pembalakan liar di Cagar Alam Bukit Bungkuk Kabupaten Kampar Provinsi Riau ditangkap

Istimewa
BBKSDA Riau memberikan keterangan pers penangkapan pelaku illegal logging di Cagar Alam Bukit Bungkuk Kabupaten Kampar 

Tujuh Pelaku Pembalakan Liar di Kampar Riau Ditangkap

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Tujuh orang pelaku diduga melakukan pembalakan liar di Cagar Alam Bukit Bungkuk Kabupaten Kampar Provinsi Riau ditangkap petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Sabtu lalu, (13/6/2020).

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono menjelaskan, adanya informasi aktivitas illega logging ini didapat dari masyarakat.

"Kemudian kita tindaklanjuti melalui Bidang Wilayah II dengan menurunkan tim untuk melakukan pengecekan dan melakukan tindakan ke lokasi TKP," jelasnya.

Setelah dilakukan pengecekan ternyata benar adanya infomasi aktivitas pembalakan liar tersebut.

"Pada hari itu juga, sekira pukul 15.00 WIB, Tim sampai di lokasi dan melakukan penindakkan, dengan menangkap pelaku," sambunya.

Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru

Mal Ska Pekanbaru

4 Jembatan Megah di Pekanbaru

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono saat memberikan keterangan pers tetang penangkapan pelaku illegal logging di Kampar Riau
Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono saat memberikan keterangan pers tetang penangkapan pelaku illegal logging di Kampar Riau (Istimewa)

Dari 7 orang yang diamankan tersebut masing-masing 5 orang dengan inisial Dp, Ad, Hr, Iw, dan Adn sedang merakit dan mengangkut kayu olahan sebanyak 4 kubik jenis meranti dengan menggunakan 2 unit sepeda motor.

Kemudian 1 orang wanita berinisial Nh yang bertugas sebagai juru masak dan pelaku lain berinisial Dr yang sedang melangsir kayu olahan sebanyak 1 kubik dengan menggunakan 1 unit motor. Dari tujuh pelaku yang diamankan, hanya pelaku juru masak yang tidak ditetapkan sebagai tersangka.
Dilokasi petugas juga menemukan menemukan 6 buah pondok serta 2 unit chain saw dan alat penarik kayu berupa seling katrol sepanjang kurang lebih 100 meter yang masih terpasang di pohon.

Tim membawa pelaku dan barang bukti terdiri dari tiga unit motor, dua gergaji mesin, penyisihan kayu olahan jenis Meranti dalam bentuk papan dengan panjang 400 x 30 x 3 cm sebanyak tiga keping, serta empat unit telepon seluler yang digunakan pelaku di bawa ke Kantor Balai Besar KSDA Riau untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Amar Memandikan Ular Piton Jumbo 5 Meter

Bolu Kemojo Oleh-Oleh Khas Pekanbaru

Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus

Berdasarkan keterangan sementara dari pelaku, semuanya berasal dari Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat yang dimodali oleh seseorang yang berasal Simpang Siabu, Kampar, Riau.

Untuk proses penanganan hukum selanjutnya Balai Besar KSDA Riau telah berkoordinasi dengan Balai Gakkum LHK Sumatera, Seksi Wil. 2 untuk proses penyelidikan dan penyidikan.

--

(Aan Ramdani/ Tribunpekanbaruwiki.com)

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved