Pesawat Tempur Hawk 209 Jatuh di Riau

Pesawat tempur jenis Hawk 209 jatuh di Perumahan Mutiara Sialang Indah, di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau

Istimewa
Pesawat tempur jenis Hawk 209 jatuh di Perumahan Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin pagi (15/6/2020). / Foto: Tangkapan layar video warga 

Pesawat Tempur Hawk 209 Jatuh di Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Pesawat tempur jenis Hawk 209 jatuh di Perumahan Mutiara Sialang Indah, di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin Pagi (15/6/2020).

Pesawat Tempur Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 ini jatuh menimpa dua unit rumah yang ada di pemukiman tersebut.

Selain menghancurkan dua unit rumah, kondisi pesawat termur Hawk 209 ini juga terbakar.

Dipastikan dalam kecelakaan ini tidak ada korban jiwa dan pilot pesawat tempur Hawk 209 yang jatuh yakni Lettu Pnb Apriyanto Ismail dipastikan selamat setelah menggunakan kursi lontar.

"Syukur Alhamdulillah, penerbang selamat dengan menggunakan kursi lontar," Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo di didampingi Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Ronny Irianto Moningka di di Ruang Arjuna, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru saat menyampaikan keterangan pers.

Ini Daftar 12 Masjid Paripurna di Kota Pekanbaru

Masjid Nurussalam Pekanbaru

Komunitas Youtube Creator Pekanbaru

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo saat menyampaikan keterangan pers di Ruang Arjuna Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin (15/6/2020)
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo saat menyampaikan keterangan pers di Ruang Arjuna Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin (15/6/2020) (Tribunpekanbaru.com)

Kasau menjelaskan, pesawat tempur Hawk 209 ini sedang digunakan untuk latikan dengan 2 pesawat tempur lainya.

Ketika itu, proses latihan baru saja selesai dilaksanakan di daerah Siabu Kabupaten Kampar dan 3 pesawat tersebut kembali untuk melakukan pendaratan. Dua pesawat lainya berhasil mendarat dengan lancar.

Sedangkan pesawat tempur Hawk 209 TT-0209 mengalami keanehan saat hendak melakukan pendaratan sekitar 2 km dari ujung landasan dengan ketinggian 500 feet.

"(Penerbang) melaporkan suara aneh, diikuti warning lamp atau lampu peringatan apabila terjadi sesuatu yang tidak benar pada mesinnya. Dan lalu, dilanjutkan mesin pesawat kehilangan tenaga (lost power). Itu komunikasi masih normal dilaporkan, dia mengalami kehilangan tenaga, mesin terjadi kerusakan," papar Kasau.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved