Berburu Oleh-Oleh di Pasar Bawah Pekanbaru

Perpaduan warna kuning dan hijau serta penuh dengan ornamen atau ukiran melayu.

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
Tribunpekanbaru.com
Pasar Wisata Pasar Bawah merupakan salah satu tempat wisata belaja favorit yang ada di Kota Pekanbaru 

Berburu Oleh-Oleh di Pasar Bawah Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Perpaduan warna kuning dan hijau serta penuh dengan ornamen atau ukiran melayu. Begitulah saat menggambarkan Pasar Wisata, Pasar Bawah Pekanbaru yang terletak dijalan Ahmad Yani Kota Pekanbaru.

Di bagian atas atap terpancang selembayung dan hampir seluruh sisi dindingnya berukiran Melayu. Ini akan menjadi sensasi berbeda jika pengunjung datang berbelanja ke pasar ini.

Sebagai ikon wisata belanja di Pekanbaru, Pasar Bawah selalu ramai dikunjungi wisatawan yang sedang melancong ke Kota Bertuah ini, karena wisatawan mendapatkan berbagai macam buah tangan khas Pekanbaru. Sehingga tak lengkap kalau berkunjung ke Kota Bertuah tak singgah ke Pasar Bawah.

Pasar wisata ini letaknya dibagian Utara Pekanbaru, tepatnya di Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan. Pasar empat lantai ini persis berada  150 meter dari tepi Sungai Siak.

Tak sulit menemukan pasar wisata ini, cukup melewati  Jalan Sudirman

 dan memasuki Jalan Ahmad Yani disamping Kantor Gubernur dan lurus terus. Setelah melewati tiga kali lampu merah, bangunan bertingkat empat tersebut akan tampak.

Istana Siak

Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru

Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu

Penjual berbagai jenis oleh-oleh di basement Pasar Wisata Pasar Buah
Penjual berbagai jenis oleh-oleh di basement Pasar Wisata Pasar Buah (Tribunpekanbaru.com)

Di kiri pasar terdapat Jalan Akbar dan kanan Jalan Moh Yatim sedangkan bagian depan terdapat Jalan Kota Baru. Ditepi-tepi jalan tersebut berdiri pula rumah toko (ruko) yang menjajakan dagangan.

Ruko-ruko ini tidak terlepas dari bagian pasar wisata pasar bawah. Pintu utama selatan adalah bagian depan gedung pasar wisata ini. Namun, pengunjung tidak perlu binggung karena di beberapa sisi disediakan pintu masuk.

Di lantai dasar atau baesement pasar terdapat berbagai jajanan, mulai dari berbagai kue diantara, Kemojo  dan Lempuk Durian serta berbagai macam cemilan lainya.

Selain itu, ikan salai baung, berbagai jenis ikan asin bisa anda temukan disini. Disamping itu banyak pula pedagang yang menjual gorden dengan harga yang berpariasi, seprai, sarung bantal juga bisa anda pesan disini dengan ukuran dan motif yang ada suka.

Dilantai satu anda akan menemukan berbagai macam aksesoris, karpet, perlengkapan tempat tidur seperti sarung bantal dan selimu dan barang lainya termasuk perabotan rumah.

Makanan asal negara tentangga Malaysia dan Singapura pun bisa ditemukan disini termasuk gantungan kunci lion dan menara twin tower atau menara kembar dan ditawarkan dengan harga relatif murah .
Bagi yang mau menghias rumah, berbagai guci dengan banyak ukuran juga ditawarkan. Termasuk pula pernak-pernik lampu hias, lampu dinding, jam dinding, jam meja, tempat koran, tempat hand phone, tempat tissue dan lain-lain.

Masjid Raya Pekanbaru

Monumen Lokomotif, Jejak Romusha di Pekanbaru Riau

Perpustakaan Soeman HS

Berbagai jenis oleh-oleh di jual di basement pasar bawah Pekanbaru
Berbagai jenis oleh-oleh di jual di basement pasar bawah Pekanbaru (Tribunpekanbaru.com)

Naik ke lantai dua akan menemukan kain. Yang paling penting adalah kain asal Riau dengan motif khas melayu yakni pucuk rebung. Motif lain juga bisa ditemukan disini dengan harga yang bervariasi tergantung dengan bahan yang digunakan. Biasanya kain bermotif ini menjadi buah tangan bagi wisatawan yang datang.

Salain itu, dipasar wisata ini juga menghadirkan barang-barang mewah dan barang antik dengan nilai tukar yang tinggi pula. Namun, ada pula yang relatif murah dan ditawarkam dengan harga yang beragam seperti guci dan patung dan pernak-pernik asal Cina dan Karpet asal Timur Tengah.

Jika pengunjung mencari pakaian jadi, bisa pula ditemukan baik di lantai satu dan lantai dua dengan kualitas premium dan harganya bersaing mulai dari yang murah hingga yang mahal.  Pengunjung juga tidak boleh ketinggalan, jika ingin mencari barang elektronik secod atau bekas bisa sitemukan di ruko sekitar pasar ini.

Bahkan di Jalan Kota Baru akan menemukan berbagai macam kursi kantor bekas dan baru dengan kualitas yang baik.Velg mobil, peralatan proyek, pipa besi, body bekas sepeda motor, tempat tidur dan lainya bisa ditemukan di Jalan Kota Baru.

Sedangkan di lantai tiga tak semua kios terisi oleh pedagan, hanya beberapa kios yang menggelar dagangan pakaian jadi. Sementara dilantai empat sama sekali tidak digunakan. Bahkan ruang terbuka ini tampak tidak terawat, hampir semua plafon terlepas.

Hal ini tentu harus menjadi catatan bagi pengelola untuk membenahi pasar wisata yang kerap dikunjungi wisatawan ini.

Direktur PT.Dalena Pratama Indah, Veladhio Parana Jaya, selaku pengelola pasar wisata menjelaskan , ada sekitar 400 lebih kios dan 132 los dilantai dasar. "Lantai  satu 138, lantai dua 148 kios, lantai tiga 100. lantai basement 132 los dan 3 diantaranya kios," jelasnya, beberapa waktu lalu.

Komunitas Youtube Creator Pekanbaru

5 Benda Unik di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

Lokomitif Peninggalan Jepang di Pekanbaru

Seorang penjahit merapikan bentuk pola kain gorden yang sedang dijahitnya di kawasan wisata Pasar Bawah Pekanbaru
Seorang penjahit merapikan bentuk pola kain gorden yang sedang dijahitnya di kawasan wisata Pasar Bawah Pekanbaru (Tribunpekanbaru.com)
Ikuti kami di
KOMENTAR
85 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved