Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu

Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu yang terletak di Jalan Komplek Perkantoran Pemda Rokan Hulu Kota Pasirpengaraian

Tribunpekanbaru.com
Kemegahan Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu 

Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu

TRIBUNPEKANBAUWIKI.COM- Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu yang terletak di Jalan Komplek Perkantoran Pemda Rokan Hulu Kota Pasirpengaraian merupakan salah satu destinasi wisata religi favorit yang ada di Provinsi Riau.

Masjid Agung Islamic Center (MAIC) ini mulai dibangun massa pemerintahan Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Drs. H. Achmad M.Si tahun 2008 lalu dan peresmianya dilakukan 6 Agustus 2010 yang menghadirkan Ustadz KH. Zainuddin MZ kala itu.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu ini didirikan diatas lahan seluas 22 hektare dengan luas bangunan 15.800 meter persegi.

Masjid ini memiliki daya tampung 15.000 hingga 20.000 jamaah dan menghabiskan anggaran sebersar 400 miliar dalam pembangunananya dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rokan Hulu.

Sedangkan proses pengerjaanya dikerjakan oleh PT. Citra Murni Semesta Jakarta sebagai konsultan perencana. Kemudian sebagai konsulatan pengawas dilakukan oleh PT. Holistika Prima Grahita dan Kontraktor Pelaksana oleh PT. Total Bangunan Persada.

Beberapa waktu lalu, tribunpekanbaruwiki.com juga sempat mengunjungi dan menikmati suasana keindahan Islamic Center kebanggaan Masyarakat Kabupaten dengan julukan Seribu suluk ini.

Istana Siak

5 Benda Unik di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

4 Jembatan Megah di Pekanbaru

Ketika memasuki kompek MAIC ini kita sudah bisa merasakan kemegahannya, anda akan disambut oleh puluhan anak tangga untuk bisa lebih dekat dengan Masjid ini. Selesai menapaki anak tangga, anada akan menyaksikan sejumlah pohon kurma dan air mancur yang indah yang berada di halaman Masjid.

Ornamen dan hiasan yang ada di dalam bangunan utama Masjid ini sangan menarik perhatian. Kali ini tribunwikipekanbaru.com tertuju kepada satu buah lampu hias yang begitu besar yang beratnya 2 ton.

Interior masjid juga dihiasi dengan berbagai kaligrafi yang sangat indah yang terbuat dari berbagai bahan atau batu hias yang ada di tanah air misalnya batu oksi dari Jawa Timur, Akik dari Kalimantan dan berbagai jenis lainya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved