Istana Siak

istana yang terletak di Kabupaten Siak Provinsi Riau ini menjadi objek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Tribunpekanbaru.com
Suasna Istana Siak pada malam hari di Kabupaten Siak Provinsi Riau 

Istana Siak

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Istana Kerajaan Siak  Sri Indrapura merupakan istana yang juga disebut istana Asserayah Hasyimiah yang dibangun oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889.

Kini istana yang terletak ditepian sungai Siak,  Kabupaten Siak,  Provinsi Riau ini menjadi satu diantara objek wisata sejarah dan budaya bagi Bumi Melayu lancang Kuning yang menarik untuk dikunjungi.  

Cukup membayar tiket domestik dewasa Rp 10 ribu, dan Rp 5 ribu bagi anak-anak. Sedangkan untuk pengunjung manca negara sebesar Rp 25 ribu bagi orang dewasa dan Rp 15 ribu anak-anak, anda dapat menyaksikan benda-benda kuno peninggalan kerajaan yang termasyur di tanah melayu ini. 

Berbagai benda kuno dan klasi peninggalan sang sultan tampak bersih dan terawat.

Hal ini tentu saja membuat para pengujung nyaman dan betah berlama-lama menyaksikan saksi bisu kekuatan dan kekuasaan kerajaan siak.

alat musik komet.Konon alat musik yang dibawa oleh Sultan Siak ke XI Sultan ini dari Jerman hanya ada dua di dunia. Yakni berada di Jerman dan di Isnata Siak.
alat musik komet.Konon alat musik yang dibawa oleh Sultan Siak ke XI Sultan ini dari Jerman hanya ada dua di dunia. Yakni berada di Jerman dan di Isnata Siak. (Tribunpekanbaru.com)

Monumen Lokomotif, Jejak Romusha di Pekanbaru Riau

Unilak Berikan Paket Sembako untuk Mahasiswa Kos

Laboratorium Covid 19 di Pekanbaru Riau Segera Difungsikan

Jika dilihat dari luar,  dipuncak bangunan dengan arsitektur,  melayu, arab dan eropa ini terdapat enam patung burung elang. Jika dari Kota Pekanbaru tetak Istana ini dapat ditempung dengan jalur darat antara 2 jam 30 menit hinga 3 jam.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Siak, jumlah pengunjung masuk istana berdasarkan tiket terjual Januari-Agustus 2019 sebanyak 142.396 pengunjung dalam dan luar negeri. Wisatawan mancanegara sebanyak 536 orang dan wisatawan domestik 141.860 orang.

Kunjungan wisatawan ke Istana Siak ini memang mengalami peningkatan tiap tahunnya. Pada 2017, jumlah kunjungan ke istana Siak mencapai 204.935 orang, pada
2018 meningkat sebanyak 256.760 orang.

--
(AAN RAMDANI/TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM)

 

Universitas Lancang Kuning

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved