Cegah Penyebaran Covid-19, Kebun Binatan Kasang Kulim Disemprot Disinfektan

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau melakukan penyemprotan disinfektan di Kebun Binatang Kasang Kulim

Istimewa
Penyemprotan disinfektan di Kebun Binatang Kasang Kulim Dilakukan oleh Balai Besar KSDA Riau dalam pencegahan penyebaran covid-19, Minggi (5/4/2020). 

Cegah Penyebaran Covid-19, Kebun Binatan Kasang Kulim Disemprot Disinfektan

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau melakukan penyemprotan disinfektan di Lembaga Konservasi atau Kebun Binatang Kasang Kulim, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar Minggu siang, (5/4/2020).

Penyemprotan ini dilakukan sebagai langkah untuk waspada dan antisipasi penyebaran virus covid-19.

Kegiatan penyemprotan dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau, bapak Suharyono dan disaksikan oleh pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim.

Dalam kesempatan tersebut, Suharyono menyampaikan bahwa sesuai arahan pimpinan penyemprotan agar dilakukan ditempat tempat umum dan salah satunya adalah Kasang Kulim, dengan tujuan untuk meminimalisir dan mencegah dampak penyebaran virus Corona yang saat ini sedang mewabah.

Kebun Binatang Kasang Kulim

RTH Tunjuk Ajar Integritas

Waroenk Baper

Penyemprotan disinfektan di Kebun Binatang Kasang Kulim, Siak Hulu Kabupaten Kampar, Minggu (5/4/2020).
Penyemprotan disinfektan di Kebun Binatang Kasang Kulim, Siak Hulu Kabupaten Kampar, Minggu (5/4/2020). (Istimewa)

"Walaupun saat ini sampai 20 hari ke depan Kasang Kulim ditutup untuk umum, namun diharapkan pada saatnya dibuka kembali, Kasang Kulim benar-benar telah bersih dan terbebas dari kontaminasi virus Corona, makanya supaya lebih waspada hari ini kita lakukan penyemptotan," jelas Kepala Balai Besar KSDA Riau.

Kegiatan penyemprotan ini juga merupakan wujud kepedulian Balai Besar KSDA Riau terhadap Lembaga Konservasi yang berada dalam binaannya.

Sementara itu, Laskar Jaya Permana, pengelola Kasang Kulim menyanpaikan ucapan trimakasih atas penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh Balai Besar KSDA Riau tersebut.

Ia menuturkan, Kebun Binatang Kasang Kulim tersebut sudah ditutup sejak beberapa waktu lalu seiring adanya himbauan dari pemerintah.

"Sesuai edaran pemerintah sejak Maret kemarin sampai 20 hari kedepan sampai ada keputusan petunjuk berikutnya dari pemerintah," jelasnya.

10 Suaka Margasatwa di Riau

Penyelamatan Harimau Sumatra yang Terkena Jerat di Riau

Perpustakaan Soeman HS

Penyemprotan cairan disinfektan di area panggung hiburan Kebun Binatang Kasang Kulim, Minggu (5/4/2020).
Penyemprotan cairan disinfektan di area kandang kuda Kebun Binatang Kasang Kulim, Minggu (5/4/2020). (Tribunpekanbaru.com)

Ditambahkanya, sejak dilakukan penutupan terjadi penurunan omset yang besar, padahal uang hasil tiket pengunjung tersebut digunakan untuk perawatan satwa, gaji karyawan serta oprasional lainya. Perbulannya pengelola harus mempersiapkan Rp 125 juta untuk oprasional tersebut. Akibatnya pengola pun harus memutar otak untuk memenuhi oprasional tersebut.

Ditambahkan Laksar, hingga saat ini pihaknya terus melakukan perawatan secara maksimal terhadap satwa-satwa yang ada, termasuk juga dilakukan pemantauan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau selaku pembina Kebun Binatang Kasang Kulim.

--

(AAN RAMDANI/TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM)

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved