Penyelamatan Harimau Sumatra yang Terkena Jerat di Riau

Seekor satwa harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) berusia 3 hingga 5 tahun berhasil diselamatkan oleh petugas dari Balai Besar KSDA Riau

Isimewa
Petugas Balai Besar KSDA Riau sedang melakukan Penyelamatan Harimau Sumatra yang terkena jerat, Minggu (29/3/2020).Istimewa 

Penyelamatan Harimau Sumatra Terkena Jerat di Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Seekor satwa harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) berusia 3 hingga 5 tahun berhasil diselamatkan oleh petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Riau, Minggu (29/3/2020).

Harimau sumatra berjenis kelamin betina yang memiliki panjang badan 170 centi meter ini terjerat di sempadan sungai/kanal Konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP)  Blok Meranti Wilayah Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.

Upaya evakuasi Harimau Sumatra ini diawali dengan adanya laporan dari pihak manajemen PT. RAPP hari Sabtu 28 Maret 2020.

"Kemudian kita Balai Besar KSDA Riau menurunkan tim ke lokasi dan melakukan penyelamatan pada hari yang sama," jelas Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono.

Kebun Binatang Kasang Kulim

Masjid Raya Pekanbaru

Ruang Terbuka Hijau Putri Kaca Mayang

Tim yang diberangkatkan dari Pekanbaru dengan mengangkut kandang evakuasi satwa pada pukul 19.30 wib bersama dengan itu Tim Medis yang berada di lokasi lain juga diminta untuk merapat ke lokasi penemuan satwa harimau sumatra yang sedang terjerat.

Kemudian Tim ketiga yakni tim petugas lapangan Seksi Wilayah 1 didampingi petugas PT RAPP bertugas untuk menjemput Tim Medis di Pulau Muda. " Selanjutnya Ketiga tim bertemu di Estate Meranti PT. RAPP untuk mempersiapkan pelaksanaan evakuasi keesokan harinya yakni hari Minggu," jelasnya lagi.

Minggu, (29/3/2020) pukul 10.00 Wib Tim bergerak ke lokasi kejadian Harimau Sumatra terjerat sekitar 60 Km dengan melewati jalan darat dan melanjutkan perjalanan melewati kanal sejauh 2 Km dengan waktu tempuh 15 menit.

"Kemudian Tim melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sejauh 500 meter, dengan waktu tempuh 30 menit ke titik lokasi," ujarnya.

Amar Memandikan Ular Piton Jumbo 5 Meter

Masjid Nurussalam Pekanbaru

Tugu Selais Tiga Sepadan

Pukul 12.30, Tim sudah dapat melakukan pembiusan Harimau Sumatra dan melepaskan tali jerat. Pada pukul 13.10 Harimau Sumatra dievakuasi dari lokasi dengan petimbangan medis kaki kanan depan luka serius, perkiraan terjerat selama 3 hari.

" Terhadap Harimau Sumatra ini perlu dilakukan observasi dan perawatan terhadap lukanya yang serius di PRHSD di Damasraya Sumbar. Tim berangkat dari Estate Meranti menuju PRHSD pada pukul 17.00 wib, melalui jalan darat dengan estimasi perjalanan selama 18 jam. Tentu kita Koordinasi dengan pihak BKSDA Sumbar dilakukan untuk proses serah terima HS tersebut," tutupnya.

--

(AAN RAMDANI/TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM)

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved