Dompet Dhuafa Riau Semprotkan Disinfektan di Kantor Tribun Pekanbaru

Bentuk upaya memerangi virus corona Dhopet Dhuafa Riau melakukan penyemprotan disinfektan diberbagai ruang publik, tempat ibadah dan perkantoran

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
Tribunpekanbaruwiki.com
Petugas dari Dompet Dhuafa Riau saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area customer service Kantor Tribun Pekanbaru, Rabu (25/3/2020). Aan Ramdani 

Dompet Dhuafa Riau Semprotkan Disinfektan di Kantor Tribun Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Sebagai bentuk upaya memerangi virus corona atau covid-19 Dhopet Dhuafa Riau melakukan penyemprotan disinfektan diberbagai ruang publik, tempat ibadah dan gedung perkantoran, satu diantaranya di Kantor Tribun Pekanbaru yang terletak di Jalan Imam Munandar Kota Pekanbaru, Rabu (25/3/2020).

Empat orang petugas yang menggunakan peralatan lengkap menyemprot setiap sudut yang ada di Kantor Tribun Pekanbaru.

"Petugas yang menyemprot ini merupakan volunteer atau relawan yang bersedia untuk membantu dalam upaya aksi cegah tangkal (cekal) virus Covid-19 ini," jelas Ali Bastoni Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau kepada tribunpekanbaruwiki.com.

Menurutnya Kantor Tribun Pekanbaru ini merupakan tempat ke-39 yang telah dilakukan layanan penyemprotan oleh Dhopet Dhuafa Riau.

Mal Pekanbaru

Tugu Selais Tiga Sepadan

Masjid Raudhatus Shalihin

Relawan atau petugas dari Dompet Dhuafa Riau saat melakukan layanan penyemprotan Disinfektan dalam pencegahan penyebaran virus corona, Rabu (25/3/2020). Aan Ramdani
Relawan atau petugas dari Dompet Dhuafa Riau saat melakukan layanan penyemprotan Disinfektan dalam pencegahan penyebaran virus corona, Rabu (25/3/2020). Aan Ramdani (Tribunpekanbaruwiki.com)

"Kalau untuk perkantoran Tribun Pekanbaru ini tempat ke 5, tapi kalau untuk total keseluruhan, ini yang ke 38 atau 39," kata Ali Bastoni.

Hingga saat ini sudah ada 70 daftar perminataan pelaksanaan penyemrotan disinfektan di Kota Pekanbaru. "Kita targetkan untuk dua pekan ini bisa kita selesaikan," jelasnya.

Untuk mendapatkan layanan penyemprotan disinfektan ini masyarakat bisa menghubungi hotline dompet dhuafa Riau 0761 22078 yang bisa dilihat melalui Instagaram @dd_riau dan berbagai media sosial Dompet Dhuafa Riau lainya.

"Bisa juga menghubungi melalui media sosial seperti facebook dan instagram dompet Dhuafa, silahkan chat atau DM (Direct Message)," tambahnya.

Amar Memandikan Ular Piton Jumbo 5 Meter

Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kampar Provinsi Riau

Tugu Zapin

Relawan dari Dompet Dhuafa mengenakan peralatan lengkap saat menyemprot cairan disinfektan di lantai 2 Kantor Tribun Pekanbaru dalam mengantisipasi penyebaran virus corona, Rabu (25/3/2020). Aan Ramdani
Relawan dari Dompet Dhuafa mengenakan peralatan lengkap saat menyemprot cairan disinfektan di lantai 2 Kantor Tribun Pekanbaru dalam mengantisipasi penyebaran virus corona, Rabu (25/3/2020). Aan Ramdani (Tribunpekanbaruwiki.com)

Pihaknya juga meminya para pemohon untuk sabar mengantri untuk dilaksanakan layanan penyemprotan disinfektan ini, mengingat cukup banyak yang mengantri. Kemudian untuk mengajukan permohonan penyemprotan disinfektan ini tidk perlu syarakat khusus.

"Tidak ada syarakat, selagi jadwalnya cocok dan sumber daya manusianya ada kita lakukan dan pastikan dilayani. Kita juga tidak memungut biaya dan yang kita gunakan juga merupakan dana publik. Jadi tidak ada tarif dan biaya," paparnya.

Hingga saat ini respon masyarakat atas layanan ini sangat baik dan apresiasi juga dari berbagai pihak, termasuk dari Pemerintah. Terutama dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau.

"Responya masyarakat sangat abaik, begitu juga respon untuk donasi juga. Apresiasi dari berbagai pihak dan kita terlibat juga dalam kelompok kerja gugus tugas. Alhamdullilah ini juga menjadi bagian kecil dari masyarakat juga dalam memerangi atau melawan virus corona ini," ujarnya.

Mal Pelayanan Publik Pekanbaru

Habib Ramadhan Kenalkan Adat dan Budaya Kampar Riau Lewat Youtube

5 Benda Unik di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

Petugas dari Domper Dhuafa Riau lakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Tribun Pekanbaru yang terletak di Jalan Imam Munandar dalam rangka melawan penyebaran virus corona, rabu (25/3/2020). Aan Ramdani
Petugas dari Domper Dhuafa Riau lakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Tribun Pekanbaru yang terletak di Jalan Imam Munandar dalam rangka melawan penyebaran virus corona, rabu (25/3/2020). Aan Ramdani (Tribunpekanbaruwiki.com)

Kendala Cairan Disinfektan

Lebih jauh dipaparkan Ali Bastoni dalam pelaksanaan layanan ini pihaknya juga mengalami beberapa kendala.

Diantaranya terkait dengan cairan disinfektan yang sudah cukup sulit untuk didapat.

"pertama kendala itu bahan baku, terutama cairanya. Kemudia yang kedua alat pelindung diri (APD). Sebenarnya kita mau menambah tim tapi APD nya sulit didapat. Akan tetapi kita dapat informasi sudah ada tapi belum kita cek lagi," jelasnya.

Kemudian kendala ke tiga dari aspek Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih terbatas.

Penyemprotan cairan disinfektan di area mesin percetakan Kantor Tribun Pekanbaru oleh petugas Dompet Dhuafa Riau, Rabu (25/3/2020). Aan Ramdani
Penyemprotan cairan disinfektan di area mesin percetakan Kantor Tribun Pekanbaru oleh petugas Dompet Dhuafa Riau, Rabu (25/3/2020). Aan Ramdani (Tribunpekanbaruwiki.com)

Sedangkan terkait dengan bahan utama yakni cairan disinfektan di penjualan bahan-bahan kima saat ini sudah mulai kosong. Terkait dengan kondisi tersebut pihaknya mengakali dengan membeli cairan pemutih pakaian yang ada dipasaran.

"Karena kita juga sudah konsultasi dengan Dinas Kesehatan dan kandunganya sama, termasuk teman-teman dari farmasi juga mengatakan kandunganya sama," paparnya.

--

(AAN RAMDANI/ TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR
61 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved