Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kampar Provinsi Riau

Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau merupakan salah satu program kepemudaan yang digagas oleh Kepala Desa

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
Tribunpekanbaruwiki.com
Pengunjung CFD tampak ramai menyaksikan penampilan grup Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kampar , Minggu pagi (8/3/2020)/ Aan Ramdani 

Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kampar Provinsi Riau

 TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau merupakan salah satu program kepemudaan yang digagas oleh Kepala Desa petapahan Jaya Provinsi Riau, Uli Hadirun.

Usia perkusi ini masih sangat muda sekali, tepatnya dibentuk 21 Februari 2019 lalu oleh Kepala Desa.

"Kalau ide dan planingnya dari pak Kades sudah, kalau terbentuknya dua minggu lalu setelah Pak Kades beli perlengkapan perkusi ini," jelas Humas Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kabupaten Kampar, Aris Rio Purnomo kepada tribunpekanbaruwiki.com, Minggu (8/3/2020).

Kali ini tribunpekanbaruwiki.com bersama dengan sejumlah masyarakat berkesempatan menyaksikan aksi perkusi yang dimaninkan oleh anak-anak muda Desa Petapahan Jaya Kabupaten Kampar Riau ini.

Tugu Selais Tiga Sepadan

Kisah Muammar Syahida Penakluk Ular Berbisa dari Riau

Habib Ramadhan Kenalkan Adat dan Budaya Kampar Riau Lewat Youtube

Sejumlah penonton ikut bergoyang mengikuti alunan musik tradisional modern yang dimainakan Perkusi Karang Taruna Perwira, Minggu (8/3/2020) di CFD Pekanbaru./Aan Ramdani
Sejumlah penonton ikut bergoyang mengikuti alunan musik tradisional modern yang dimainakan Perkusi Karang Taruna Perwira, Minggu (8/3/2020) di CFD Pekanbaru./Aan Ramdani (Tribunpekanbaruwiki.com)

Dengan semangat yang luar biasa mereka tampil di area Car Free Day (CFD) Jalan Jendral Sudirman Kota Pekanbaru Minggu pagi untuk menghibur masyarakat.

Tak disangka, apresiasi masyarakat pagi itu pun cukup luar biasa. Hal ini terbukti puluhan masyaraka tampak berkumpul diarea Jalan Jendral Sudirman depan Perpustakaan Soeman HS untuk menyaksikan musik-musik koplo yang dibawakan.

Menurut Aris Rio Purnomo, ini merupakan kedua kalinya Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya tampil didepan umum setelah sebelumnya Pak Kades meminta mereka untuk tampil disalah satu acara pernikahan yang ada di Desa tersebut.

"Kalau tampil pertama itu waktu ada acara pesta Pernikahan, sempat kaget juga tiba-tiba Pak Kades suruh teman-teman tampil. Tapi ternyata apresiasi masyarakat cukup bagus dan mereka terhibur,"Jelas Aris.

Habib Ramadhan, Youtuber Asal Kampar Riau

Kisah Suardi, Relawan Asal Riau

SMP Islam Terpadu Bunayya Pekanbaru

Personel grup perkusi  Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau bersemangat memainkan alat musik, Minggu pagi di CFD Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru (8/3/2020)./Aan Ramdani
Personel grup perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau bersemangat memainkan alat musik, Minggu pagi di CFD Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru (8/3/2020)./Aan Ramdani (Tribunpekanbaruwiki.com)

Lebih jauh disampaikan Aris, aski yang dilakukan di CFD ini merupakan salah satu bagian dari latihan.

Perkusi ini mengusung mengusung irama musik beretnik tradisional, dipadukan dengan lagu-lagu dangdut kekinia dan menggunakan alat musik berupa angklung, gambang, gendang dan mini drum.

Perpaduan dari alat-alat musik itu membentuk satu harmoni irama yang enak untuk didengarkan. Beberapa penonton justru ikut bergoyang mengikuti irama lagu yang dimainkan.

Wisata Berkuda Savana Stable Jadi Merchant Tribun Family Card

Masjid Raudhatus Shalihin

Masjid Raya An Nur

Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau saat tampil di CFD Jalan Jendral Sudirman Kota Pekanbaru, Minggu (8/3/2020)/Aan Ramdani
Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau saat tampil di CFD Jalan Jendral Sudirman Kota Pekanbaru, Minggu (8/3/2020)/Aan Ramdani (Tribunpekanbaruwiki.com)

Serasa di Malioboro Yogyakarta

Aksi Perkusi Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya ini mengingatkan salah seorang dengan aksi perkusi angkulung di Malioboro Yogyakarta.

"Rasa-rasa di Malioboro bang, disanakan banyak perkusi angklung kayak begini. Vido-videonya di media sosial juga viral," kata Evan salah seorang pengunjung CFD.

Evan pun mengaku cukup mengapresiasi penampilan anak-anak muda tersebut. "Penampilan mereka ini cukup menghibur bang, kan jarang-jarang ada yang seperti ini. Buktinya aja ini banyak yang nonton kan," sambung Evan.

Humas Karang Taruna Perwira Desa Petapahan Jaya Kabupaten Kampar, Aris Rio Purnomo pun tidak menampik jika aksi seni musik yang dimainkan ini mirip dengan yang ada di Malioboro Yogyakarta.

Bahkan alat musik yang dimainkan pun memang dibeli dari Yogyakarta. "Bisa dibilang seperti itulah bang (mirip perkusi di Malioboro), Alat musik ini juga langsung dibeli sama pak Kades dari sana (Yogyakarta)," kata Aris.

Seikatsu Cosplay Community

Masjid Raudhatus Shalihin

4 Jembatan Megah di Pekanbaru

Bergoyang asyik mengikuti musik yang dimainkan grup perkusi  Karang Taruna Perwira, Minggu (8/3/2020)./Aan Ramdani
Bergoyang asyik mengikuti musik yang dimainkan grup perkusi Karang Taruna Perwira, Minggu (8/3/2020)./Aan Ramdani (Tribunpekanbaruwiki.com)

Rekrut Anak-Anak Muda

Aris memaparkan bahwa tidak kurang dari 20 orang yang tergabung dalam perkusi ini baik laki-laki dan perempuan yanga ada di Desa nya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
49 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved