Muammar Syahida, Penakluk King Kobra Asal Riau

Muammar Syahida, pemuda asal Riau ini memiliki banyak cerita yang cukup menarik untuk disimak kala ia menaklukan berbagai jenis satwa ular.

Muammar Syahida, Penakluk King Kobra Asal Riau
Tribun Pekanbaru
Muammar Syahida saat sedang beratraksi dengan ular jenis King Cobra yang ia tangkap di daerah Pelalawan, Senin (9/4/2018). 

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Muammar Syahida, pemuda asal Riau ini memiliki banyak cerita yang cukup menarik untuk disimak kala ia menaklukan berbagai jenis satwa ular.

Satu diantaranya adalah saat menaklukan ular king kobra. Ini bukan main-main dan tidak disarankan orang yang tidak terlatih untuk mengikutinya.

Ia pernah menaklukan seekor ular King Kobra yang terjebak di sebuah jeratan milik warga di Desa Terantang Manuk, Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan.

Menurutnya, kala itu ia sedang berada di rumahnya di Kabupaten Pelalawan dan mendapatkan informasi adanya jeratan warga yang mengenai ular king kobra. "Tadinya warga mau bunuh ular ini karena memang cukup berbahaya," jelas Amar kepada tribunpekanbaruwiki.com, Kamis (27/2/2020).

4 Jembatan Megah di Pekanbaru

5 Benda Unik di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

Masjid Raya An Nur

Muammar Syahida saat sedang beratraksi dengan ular jenis King Cobra yang ia tangkap di daerah Pelalawan, Senin (9/4/2018)
Muammar Syahida saat sedang beratraksi dengan ular jenis King Cobra yang ia tangkap di daerah Pelalawan, Senin (9/4/2018) (Tribun Pekanbaru)

Akhirnya setelah Amar tiba dilokasi ular tersebut berhasil diselamatkan oleh Amar. Dalam kesempatan tersebut ia tidak mendapatkan kendala. Tentu saja upaya menaklukan king kobra tersebut bukanlah pertama baginya.

Tahun 2012 lalu ia juga pernah menaklukan ular serupa bahkan memeliharanya.

"Kalau intekasi dengan Kobra ini enggak sering juga sih tapi ada. Misalnya waktu di Pelalawan pernah juga waktu lagi mau kerumah teman melitas didepan mobil satu ekor kobra," katanya.

Ketika itu, Amar langsung turun dari mobil, bermodalkan alat penjepit ular yang ia bawa, kobra sepanjang 3 meter pun berhasil ia tangkap.

"Seranganya luar bisa banget bang, panjangnya juga 3 meter. Jadi kita enggak boleh gegabah dan harusn tetap jaga jarak dan memahami gerak-geriknya," ujarnya lagi.

Seikatsu Cosplay Community

Minuman Laksamana Mengamuk

Nadia Si Kuda Betina di Kebun Binatang Kasang Kulim Melahirkan

Setelah ia pelihara sekitar 3 bulan akhiranya ular kobra ini kembali ia lepas ke alam.

"Karena kalau pelihara kobra inikan sulit bang, selain memang berbahaya untuk peliharanya juga harus betul-betul kita perhatiin kandangnya. Harus pakai tanah dicampur daun supaya gampang bersiin kotorannya," Papar Amar.

Selain itu, makanan ular kobra juga biasanya makan ular dengan ukuran yang lebih kecil.

"Kotoranya juga bau banget, makanannya juga cukup sulit. Jadi memang lebih ekstra dari pada ular yang lain," pungkasnya.

--

(AAN RAMDANI/ TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM)

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved