Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

Museum Sang Nila Utama memiliki ribuan koleksi benda-benda unik bersejarah

Museum Sang Nila Utama Pekanbaru
Tribun Pekanbaru Wiki
Siswa sekolah dasar tampak antusias saat melihat koleksi Museum Sang Nila Utama, Sabtu (1/2/2020) 

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Museum Sang Nila Utama di Pekanbaru bermula dari usaha yang dilakukan untuk melestarikan dan menvisualisasi potensi dan hasil kekayaan di Bumi Melayu Provinsi Riau, baik berupa kekayaan alam maupun budaya.

Museum Sang Nila Utama di Pekanbaru yang terletak di Jalan Jendral Sudirman nomor 194 ini pembangunannya secara bertahap. Dimulai pembangunannya pada tahun anggaran 1977/1978 melalui dana APBN.

Setelah rampung pembangunanya, Museum Sang Nila Utama di Pekanbaru ini kemudian ditetapkan sebagai Museum Negri Provinsi Riau pada tanggal 9 Januari 1991. Penetapnya berdasarkan surat keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 001/0/1991.

Kemudian Museum Sang Nila Utama di Pekanbaru ini barulah diresmikan oleh Direktur Jendral Kebudayaan Prof. Edi Sedyawati pada tanggal 9 Juli 1994.

Kisah Persahabatan Sejati Soekarno-Hatta: Beda Pandangan Politik, tapi Saling Sayang di saat Susah

Daftar 5 Zodiak yang Paling Rendah Hati, dari Capricorn hingga Virgo, Cek Zodiakmu!

Diambil dari Nama Raja Bintan

Museum ini diberi "sang Nila Utama", nama tersebut ternyata diambil dari nama seorang raja. Tepatnya nama raja Bintan, yang berkuasa sekitar abad 12 M di Pulau Bintan.

Keputusan nama Museum Sang Nila Utama di Pekanbaru ini berdasarkan musyawarah para sejarawan dan budayawan Riau yang pada akhirnya dituangkan dalam sebuah surat keputusan.

Surat keputusan nomor 227/109.09/MR/c-93 pada tanggal 13 Oktober 1993 yang kemudian ditetapkan oleh Gubernur Riau kala itu dengan sebutan Museum Negri Provinsi Riau Sang Nila Utama.

Barulah para era otonomi daerah dan setelah ditetapkan undang-undang nomor 22 tahun 1999 dan atas dasar Peraturan Provinsi Riau nomor 17 tahun 2001 museum negri ini berganti dengan sebutan Museum Daerah Sang Nila Utama.

Koorinator Pemandu Pengunjung Museum Sang Nila Utama, Endrizal kepada Tribunpekanbaruwiki.com menjelaskan di museum ini memiliki lebih dari 4000 benda koleksi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved