5 Benda Unik di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru

Museum Sang Nila Utama merupakan museum daerah Provinsi Riau yang terletak di Jalan Jendral Sudirman nomor 194, Kota Pekanbaru.

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Ahmad Nurrosikin
Tribun Pekanbaru Wiki
Siswa sekolah dasar tampak antusias saat melihat koleksi Museum Sang Nila Utama, Sabtu (1/2/2020) 

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Museum Sang Nila Utama merupakan museum daerah Provinsi Riau yang terletak di Jalan Jendral Sudirman nomor 194, Kota Pekanbaru.

Museum Sang Nila Utama ini memiliki lebih dari 4000 koleksi benda-benda bersejarah yang mengambarkan sejarah, peradaban dan budaya masyarakat melayu Riau.

Lokasi musim ini teap satu komplek dengan perkantoran Dinas Kebudayaan Provinsi Riau yang berada diatas lahan hampir 2 hektare dan berada di sebrang Kantor Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Provinsi Riau.

Ketika anda datang ke Museum ini maka anda akan melihat bangunan utama museum atau bangunan pameran tetap. Geduang yang kental dengan arsitektur bangunan rumah adat melayu ini sangat unik. Di setiap sudutnya terlihat ornamen dan ukiran-ukiran melayu yang sangat khas.

Di dalam kedung ini pulalah anda bisa melihat secara langsung sekitar 1.000 lebih benda-benda unik bersejarah yang dipamerkan kepada masyarakat umum. Sedangkan ribuan benda lainya tersimpan diruang khusus lainya dan tidak untuk dipamerkan.

Di museum ini juga terdapat fasilitas lain seperti auditorium, pusat informasi serta taman yang asri dibagian belakang yang diberi nama Taman Gemala.

Museum ini tidak hanya menjadi tempat wisata sejarah namun juga menjadi tempat edukasi bagi generasi muda yang ada di Riau. Sehingga tidak heran jiga banyak sekolah yang membawa siswa dan siswinya untuk berkunjung ke museum ini.

Sabtu (1/2/2020) lalu tribunpekanbaruwiki.com pun menyempatkan diri untuk berkunjung ke museum ini dan disana cukup banyak anak-anak sekolah dasar yang datang dari luar Kota Pekanbaru.

Puluhan siswa dan sisiwi sekolah dasar tersebut tampak antusias melihat satu persatu benda-benda unik dan bersejarah yang dipamerkan.

"Wihh ini batu siput yang beratnya satu ton tuh ya, memang seperti siput betulan," ujar Andra kepada rekan-rekanya saat menyaksikan Batu Siput bedecak kagum.

Ya, Batu siput ini merupakan salah satu koleksi yang unik dan cukup meanrik perhatian para pengunjung. Untuk itu dalam kesempatan ini tribunpekanbaruwiki.com akan mengulas 5 benda unik koleksi Museum Sang Nila Utama.

1. Mata Uang

Nah di ruangan pameran tetap museum ini ada 29 lembar uang kertas jadul yang di pamerkan.

uang ini meluiputi uang yang digunakan saat zaman sebelum Indonesia merdeka dan sesudah Indonesia merdeka.

untuk mata uang yang dipamerkan sebelum masa kemerdekaan ada dua lembar yakni mata uang gulden , masing masing pecahan 5 gulden dan 10 gulden. Uang ini dicetak pada zaman penjajahan jepang tahun 1942.

Kemudian uang setelah indonesia merdeka meliputi pecahan, 25 sen, satu rupiah, dua setengah upiah, 100 rupiah, 1000 rupiah, 5000 rupiah dan beberapa lainya.

ada juga nih uang rupiah yang hanya berlaku untuk di pulau sumatra saja kala itu, misalnya uang pecahan 5 rupiah dan 10 rupiah yang bertuliskan provinsi sumatra yang dicetak tahun 1947.

2. Senjata

Benda unik selanjutnya, senjata perang.

Diantaranya bedil, benda ini merupakan senjata api yang juga digunakan pada zaman penjajahan. senjata api ini didapatkan di Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Ikuti kami di
KOMENTAR
24 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved